Ganti Bahasa
Connect with Us
logo

Guest Hotline0293-596374

Yang Muda yang Berprestasi

blog-2 17
Sep

Yang Muda yang Berprestasi

Mahasiswa Akper Ngesti Waluyo yang muda yang berprestasi

Usia remaja merupakan usia yang sangat produktif. Masa-masa inipun tidak disia-siakan oleh mahasiswa-mahasiswi  Akper Ngesti Waluyo. Di tengah-tengah padatnya jadwal perkuliahan dan praktik di berbagai rumah sakit di dalam dan luar kota, mahasiswa Program Studi Diploma III Keperawatan Akper Ngesti Waluyo tetap bersemangat dalam mengikuti berbagai perlombaan. Ajang prestasi tingkat Kabupaten Temanggung diikuti oleh salah satu mahasiswa, yaitu Yulica Setya Kuntari dalam event Pemilihan Mas dan Mbak Duta Wisata Temanggung Tahun 2018. Meskipun Akper Ngesti Waluyo hanya mengirimkan satu wakilnya dalam ajang tersebut, namun YUlica Setya Kuntari mampu meraih juara III Mbak Duta Wisata Temanggung 2018. Acara puncak dari serangkaian acara dan penilaian Mas dan Mbak Duta Wisata Temanggung ini digelar pada hari Jumat, 31 Agustus 2018 di halaman Gedung Pemuda Temanggung dan diikuti oleh 66 peserta putra dan putri dari Kabupaten Temanggung.
Tidak hanya tingkat Kabupaten, mahasiswa-mahasiswa Akper Ngesti Waluyo juga berkompetisi dalam ajang tingkat Provinsi. Dua mahasiswa Akper Ngesti Waluyo, Indha Puspaningrum dan Nicolaus Widi Yogatama yang tahun ini berhasil terpilih menjadi Duta Genre (Generasi Berencana) tingkat Kabupaten Temanggung, mewakili Kabupaten Temanggung di ajang pemilihan Duta Genre BKKBN tingkat Provinsi Jawa Tengah. Berbagai persiapan dilakukan, seperti  mentoring pembekalan dengan DPPKBPPPA (Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak) Kabupaten Temanggung selama kurang lebih 3 minggu. Nicolaus dan Indha menyatakan bahwa dalam pembekalan tersebut mereka dimantapkan untuk materi dan tata krama sikap perilaku. Disitu kami juga di persilahkan untuk belajar menyampaikan penyuluhan diSMP N 2 Bulu. Disamping itu, mereka juga menyiapkan berbagai perlengkapan lomba, kostum dan berlatih untuk uji bakat.
Proses perlombaan di tingkat provinsi dilaksanakan mulai tanggal 4 September 2018, dimana Duta Genre Kabupaten Temanggung berangkat ke Semarang bersama pendamping dari DPPKBPPPA dan peliput Tv Temanggung. Sampai di semarang dilakukan registrasi peserta dilanjut makan siang dan latihan parade untuk pembukaan. Setelah pembukaan ada pembekalan materi KKBPK kemudian uji tulis dan dilanjutkan dengan latihan koreografi sampai jam 11 malam. Hari kedua (5 September 2018) dilakukan tes wawancara dengan bu Condrorini ahli psikologi setelah itu tes penyuluhan dan minat bakal
Grand Final Pemilihan Duta Genre Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018 dilaksanakan hari Kamis, 6 September 2018 di Hotel MG Setos, Semarang. Jam 9 tepat grandfinal dimulai dengan melakukan parade tari2an bersama dan setelah itu dipanggil 5 besar finalis duta genre terbaik dari jalur masyarakat dan pendidikan dari total peserta sebanyak 35 pasang (putra-putri) duta genre jalur pendidikan dari berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Kelima pasang finalis dari kedua jalur tersebut dipersilahkan untuk pidato dengan permasalahan yang ada di daerahnya. Indha Puspaningrum yang terpilih dalam 5 besar finalis tersebut menyampaikan permasalahan pernikahan dini yang memang menjadi focus masalah kesehatan dan kependudukan di Kabupaten Temanggung.
Setelah selesai pidato dilakukan proses seleksi lagi dan dipilih 3 besar pasangan dan masing-masing  mendapatkan pertanyaan dari dewan juri. Dan akhirnya setelah selesai pertanyaan dilanjutkan penegakan kejuaraan dan Indha Puspaningrum terpilih menjadi juara 3 Duta Genre jalur pendidikan Provinsi Jawa Tengah.
Saya sangat senang dan bangga bisa dipercaya menjadi wakil dari kab. Temanggung dengan itu saya memiliki tekad untuk membawa nama harum Temanggung dan melakukan dengan sebaik baiknya. Disana ada 35 pasang duta genre jalur pendidikan kab yang terbaik. Sangat luar biasa saingan2 dari kabupaten lainnya, namun saya tetap optimis dan melakukan dengan percaya diri apapun yang terjadi. Dan finally saya mendapatkan juara disana. Dan juga yang membuat saya semangat adalah mentor2 dari Temanggung, dosen dan perwakilan mahasiswa datang untuk mensupport dan ini adalah hal yang paling berkesan untuk hidup saya demikian kata Indha.
Selama proses persiapan dan uji bakat, kedua mahasiswa Akper Ngesti Waluyo tersebut juga menciptakan lagu yang bertema generasi muda yang berencana. Kedua lagu tersebut juga akan mereka rekam dan diikutsertakan dalam Lomba Jingle BKKBN Provinsi Jawa Tengah yang acara puncaknya akan dilaksanakan tanggal 7 Oktober 2018 di Java Mall Semarang.