Ganti Bahasa
Connect with Us
logo

Guest Hotline0293-596374

Upacara Pemasangan Kap Perawat

blog-2 08
Mar

Upacara Pemasangan Kap Perawat

Capping day dan angkat janji mahasiswa perawat merupakan suatu seremonial yang menandakan bahwa mahasiswa perawat telah menyelesaikan kegiatan belajar baik teori maupun praktik selama kurang lebih satu semester dan siap untuk memasuki dunia keperawatan. Capping day ini merupakan salah satu tradisi dalam keperawatan maupun kebidanan, dimana pada waktu ini, mahasiswa putri akan dipasangkan Cap (topi perawat), sedangkan mahasiswa putra akan dipasangkan papan nama (name tag).
Capping day dan angkat janji mahasiswa ini merupakan langkah awal bagi para calon perawat untuk mulai mengabdikan pengetahuan dan ketrampilan yang dimiliki bagi sesama dengan penuh caring seperti yang diajarkan oleh tokoh perawat, Florence Nightingale. Pada kesempatan capping day ini mahasiswa juga akan menyimak riwayat Florence Nightingale sehingga diharapkan mahasiswa sebagai calon perawat dapat meneladani sikap dan kecerdasan Florence Nightingale yang merupakan pelopor keperawatan, serta menumbuhkan rasa bangga dan cinta terhadap profesi keperawatan.

Di Akper Ngesti Waluyo, setelah kegiatan capping day dan angkat janji ini akan dilanjutkan dengan diskusi interaktif antara institusi dengan orang tua mahasiswa. Diskusi interaktif ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi orang tua untuk menyampaikan permasalahan serta harapan mereka kepada institusi, sekaligus sebagai ajang institusi untuk menyampaikan program kerja ke depan. Dalam diskusi ini juga orang tua akan dapat mengetahui dan mendiskusikan program kegiatan dan pembelajaran mahasiswa selama mahasiswa menuntut ilmu di Akper Ngesti Waluyo selama tiga tahun.

Capping day tahun 2019, merupakan kegiatan bagi mahasiswa tingkat I yang akan melaksanakan praktik klinik keperawatan. diikuti oleh 119 peserta, orang tua mahasiswa, dilaksanakan di aula kampus pada tanggal 6 Maret 2019.

Dihadiri oleh direktur RSK "Ngesti Waluyo" Parakan, dengan memberikan pesan dan sambutan, untuk benar-benar mengabdi mencurahkan semua kemampuan. Menjadi perawat adalah panggilan jiwa untuk peduli terhadap sesama manusia, dan belajar menjadi perawat di AKPER Ngesti Waluyo adalah pilihan yang tepat, karena sudah banyak lulusan yang mendapatkan dan mampu bersaing dalam persaingan mencari pekerjaan.